Just another free Blogger theme

Jumat, 21 Juni 2013


PAS-SMA (Paket Aplikasi Sekolah – Sekolah Menengah Atas) adalah program komputer yang dikembangkan oleh Direktorat Pembinaan SMA yang ditujukan kepada sekolah untuk membantu pelaksanaan ICT Based School Management. PASSMA atau yang sering disebut PAS saja, mempunyai cakupan cukup luas, mulai dari pengelolaan PSB, Kesiswaan, Kurikulum sampai dengan keuangan. Sebegitu besarnya, sehingga diperlukan pemahaman yang baik mengenai alur pengisian data ketika mengimplementasikannya di sekolah.

Kumpulan Trik / Tips

1. Import Data Pegawai
Ketika akan mengimport data pegawai, mohon diperhatikan settingan waktu sistem operasi. hal ini berkaitan dengan data pegawai aktif. pas akan otomatis memasukan data pegawai aktif sesuai dengan waktu sistem operasi. sebagai contoh: jika akan mengimport data pegawai untuk tahun ajaran 2012/2013, jgn sampai waktu sistem operasi berada pada bulan sebelum bulan juli 2012, hal ini akan menyebabkan data pegawai yang diimport akan masuk kedalam data pegawai aktif di tahun ajaran 2011/2012, begitupun dengan tahun ajaran yang lainnya.semoga membantu.
 2. Perlakuan file CSV saat perbaikan Import
Jika terjadi kesalahan saat import dan anda ingin melakukan perbaikan, usahakan JANGAN membuka file csv dan memperbaiki data pada file tersebut karena kemungkinan besar akan ada kesalahan berikutnya. Maka langkah import yang aman adalah 1) siapkan penyimpanan untuk excel dan csv 2) sebelum import berhasil dilakukan sebaiknya data excel jangan di close dulu, sehingga saat perbaikan menjadi mudah dilakukan,..  
 3. Melihat / memperbaiki data pada database melalui Ms. Acces
Bebrapa posting tampak bingung saat melakukan kesalahan import tingkat kelas siswa, kesalahan itu dapat diperbaiki pada modul 99.2.3.4 Pindah Kelas namun itu hanya berlaku untuk 1 tingkat, jika kesalahan terjadi pada lintas tingkat dapat diperbaiki pada database, dengan syarat bebrapa kode harus dipahami.
Cara mengkoneksikan Ms Acces dengan PAS (saya pakai acces 2007) 1. create blank database -> menu external data -> more -> ODBC database -> link to the data source by creating…. -> machine data source -> pilih pas_sma -> ok -> pilih t_siswa_tingkat  -> Ok.. database untuk tingkat kelas siswa  akan muncul. Silahkan di Edit, Jika ingin menghapus perhatikan dulu apakah terkoneksi dengan data yang lain.
  4. Display Foto Pegawai setelah update ke versi 7.0
Jika anda pengguna PAS yang mengupdate ke versi 7.0, maka kemungkinan besar foto pegawai tidak akan muncul. Hal ini dikarenakan adanya otomatisasi generate NIP lama oleh sistem PAS. Oleh karena itu, cara untuk menampilkannya kembali adalah dengan cara merubah nama file foto yang sebelumnya menggunakan NIP lama menjadi NIP baru pegawai, kemudian mengupdate data pegawai yang bersangkutan (update apa saja, asalkan ada proses update misalnya kolom “Catatan”) kemudian simpan. Hal ini berlaku untuk semua pegawai yang ingin fotonya muncul kembali. Semoga membantu. http://dispendik.makassar.go.id
Categories:


Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Pellentesque volutpat volutpat nibh nec posuere. Donec auctor arcut pretium consequat. Contact me 123@abc.com

0 komentar:

Posting Komentar